Cahaya Spiral Misterius, Norwegia

Tanggal 9 Desember yang lalu di Norwegia terjadi fenomena aneh. Warga setempat terkejut melihat fenomena ini. Sebuah gelombang cahaya spiral misterius berskala raksasa muncul dilangit Skandinavia, Tromso, sebuah wilayah di utara Norwegia. Lebih dari ratusan orang penduduk yang menjadi saksi mata atas fenomena ini. Apakah sebenarnya cahaya tersebut??



Seminggu yang lalu saya sempat membaca berita ini di sebuah situs luar, namun karena belum ada penjelasan dan tanggapan dari fenomena ini maka saya belum berniat untuk mempostingnya. Sampai akhirnya, master Enigma mengulas hal ini. Karena merasa tidak mau kalah saya juga memposting fenomena ini... hha ^^

OK, kembali ke permasalahan, fenomena ini menggemparkan warga Norwegia karena begitu mengejutkan dan misterius. Tidak bisa dipercaya, bayangkan saja jika anda sedang beraktifitas seperti biasa tiba2 muncul sebuah cahaya spiral raksasa dilangit, seakan-akan muncul sebuah gerbang yang menghubungkan dengan dimensi lain.

Bola Spiral





Kalau kita lihat dari gambar2 diatas, sepertinya sulit untuk percaya kalau kejadian ini benar2 terjadi. Sekilas terlihat seperti efek komputer yang sering digunakan di film2. Namun apa yang terlihat diatas sebenarnya memang terjadi. Sulit dipercaya, namun itulah kenyataannya. Supaya lebih jelas lagi berikut saya berikan video yang berhasil merekam fenomena ini.

Video

video

Dalam video tersebut terlihat sebuah bola cahaya spiral yang awalnya berbentuk seperti komet dan bergerak dilangit Norwegia. Kemudian bola cahaya tersebut seakan meledak ditengah2 dan membentuk cahaya spiral yang lebih besar lagi yang menyerupai lubang dimensi (blackhole, wormhole, dsb). Kejadian yang sangat sulit dipercaya.

Kesaksian

Berikut beberapa kesaksian yang berhasil saya dapatkan.

Seorang saksi di Norwegia yang pertama kali melihat kilatan cahaya sekira pukul 8.45 waktu setempat ini menjelaskan, spiral itu berwarna putih terang dengan sebuah benda mirip bulan di tengahnya. Sedangkan cahaya biru, tampak menjadi ekornya mendekat ke bumi.


Astronom Knut Jorgen Roed Odegaard mengatakan belum pernah melihat fenomena seperti ini. "Ini terlihat di atas langit yang sangat luas di seluruh utara Norwegia dan Trøndelag. Pertama saya pikir itu bola api meteor, tapi itu berlangsung terlalu lama. Ini mungkin sebuah rudal dari Rusia, tapi saya tidak bisa menjamin bahwa itu adalah jawabannya," ujarnya.

"Aku sedang mengantar anakku ke sekolah dengan mobil, lalu aku melihat cahaya itu muncul dan seperti meledak di udara," Kata Totto Eriksen dari Tromsø kepada VG Nett.

Pusat pengendali lalu lintas udara di Tromsø menyebut fenomena ini berlangsung selama dua menit. Menurut mereka lagi, fenomena ini berlangsung terlalu lama untuk disebut sebagai sebuah fenomena angkasa biasa. Melihat bentuknya yang persis seperti sebuah portal menuju dimensi lain, maka beberapa orang telah menyebut fenomena ini dengan sebutan Star Gate.

Teori

Banyak spekulasi yang pertama kali terpikirkan oleh para warga. Ada yang mengatakan itu adalah komet ataupun meteor jatuh, ada yang percaya berhubungan dengan alien dan UFO, ada yang percaya telah terbuka sebuah lubang dimensi. Namun dari semua spekulasi yang ada, yang paling realistis adalah sebuah rudal (senjata rahasia pemerintah setempat) yang salah sasaran.

Teori ini didukung oleh pernyataan Seorang peneliti bernama Erik Tandberg, dari Pusat Antariksa Norwegia.

"Jika fenomena itu diakibatkan oleh misil Rusia, maka kemungkinan misil itu diluncurkan dari pangkalan Rusia di Pletsevsk atau dari salah satu kapal selam Rusia, atau bahkan mungkin dari badan angkasa luar Eropa di Kiruna. Spiral yang terjadi menunjukkan bahwa objek yang meluncur telah keluar dari sasaran dan membuat gerakan berbentuk spiral. Sedangkan cahaya biru itu bisa terbentuk akibat bahan bakar roket yang bocor."


Seorang juru bicara departemen pertahanan Norwegia, John Espen Lien, mengatakan bahwa militer Norwegia memang tidak bisa memastikan penyebab fenomena ini, namun mereka juga menduga bahwa fenomena ini berasal dari uji coba rudal Rusia. Rusia memang biasa menggunakan wilayah Laut Putih dan Laut Barent untuk uji coba rudal.

Uji coba rudal Bulava yang dilakukan pada tanggal 9 Desember pagi itu telah mengalami penjadwalan ulang beberapa kali. Uji coba itu pertama kali dilakukan pada tanggal 15 Juli 2009. Saat itu rudal itu gagal meluncur dan memicu penghancuran otomatis hanya beberapa saat setelah meluncur. Jika benar yang disaksikan adalah misi peluncuran rudal Bulava yang gagal, berarti Rusia telah 7 kali gagal meluncurkan rudal itu dari 13 kali percobaan.

Nah, yang mengejutkan seorang peneliti bernama Doug Ellison segera membuat sebuah simulasi yang menunjukkan roket yang gagal dengan bahan bakar yang bocor untuk mendukung teori diatas.

Berikut video penjelasannya.


video

Kalau melihat penjelasan versi Ellison beserta simulasinya, menurut saya teori rudal cukup masuk akal. Selain itu teori rudal ini memang satu2nya teori yang realistis. Jikalau memang benar fenomena ini adalah karena rudal yang salah sasaran, maka seharusnya ada pernyataan resmi dari pemerintah Norwegia terkait fenomena ini.

Untungnya tidak lama kemudian, tepatnya pada tanggal 11 Desember yang lalu pemerintah Norwegia membuat pernyataan yang membenarkan teori tersebut. Departemen pertahanan Rusia membenarkan bahwa fenomena cahaya spiral di Norwegia ini memang diakibatkan oleh uji coba rudal Bulava yang gagal.

"Dua tahap pertama dari peluncuran rudal itu berjalan dengan normal, namun tiba-tiba terjadi kegagalan teknis pada tahap lanjutannya, yaitu tahap trajectory." Kata juru bicara departemen pertahan Rusia yang dikutip oleh Reuters. Peluncuran itu dilakukan dari kapal selam nuklir Dmitry Donskoi di laut putih.

Satu hal yang bisa saya ambil disini adalah bahwa ternyata hampir semua hal didunia ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Itulah sebabnya orang barat lebih maju ketimbang kita. Dengan cepat dan sigapnya mereka segera menganalisis masalah dan membuat teori2 yang realistis dengan bukti2nya.

Kalau fenomena itu terjadi di Indonesia pasti fenomena tersebut langsung dikait-kaitkan dengan hal2 gaib, mistis, dsb. (betul tidak?!)...


Silahkan komen...

Source:
Kompas.com
Dailymail.co.uk
Enigma

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

Tags: ,

6 comments:

Show All Comment


Hen mengatakan...

Perhatikan baik2, apa mungkin Rudal rusak bisa membuat lingkaran spiral sempurna spt di foto? Apa mungkin Rusia menguji coba Rudalnya dengan menembakkannya ke wilayah negara lain yang anggota NATO? Rudal rusak pasti akan meledak, apakah ada laporan ttg suara ledakan dan ditemukannya serpihan2? Orang2 Barat memang selalu menganalisa secara ilmiah dan jika tidak ditemukan penjelasannya maka akan di-ilmiah-ilmiahkan agar kelihatan ilmiah. Salam...

Rensen's Blog mengatakan...

Pendapat Hen diatas tidak salah, memang banyak kejadian2 yang sering di ilmiah2kan supaya tidak terjadi kegemparan dimasyarakat dan hanya menjadi rahasia top class bagi kalangan tertentu, sehingga menimbulkan konspirasi..

Namun sejauh yang bisa kita ketahui sekarang, menurut pernyataan Departemen Pertahanan Rusia bahwa cahaya itu berasal dari rudal mereka..

mungkinkah ini juga konspirasi??? who knows

Rahad 2 Six mengatakan...

keren2 cahaya nya.....
keep up the good work.....
keren

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

pasti dikira titisan dewa nek ada di indonesia.. :)

KORNELIS mengatakan...

it called revedeoza...

Anonim mengatakan...

kaya hoax

Poskan Komentar

www.butkaj.com