UFO Muncul di Blok M (Indonesia)!!

Tidak hanya diluar negeri saja penampakan UFO bisa terjadi. Baru-baru ini di Indonesia, tepatnya di Blok M, Jakarta, seorang warga mengaku berhasil mengambil gambar penampakan UFO. Apakah benar itu adalah UFO? ataukah sebuah rekayasa??

Sebuah benda terbang asing atau unidentified flying objects (UFO) melayang di atas sebuah apartemen di Jalan Pakubuwono atau dekat Blok M, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

Benda yang diduga UFO alias piring terbang itu dipotret seorang warga yang menolak identitasnya dicantumkan. Foto tersebut diterima Warta Kota melalui Facebook, Kamis (15/10).

Menurut pemotret, obyek tersebut tidak sengaja tertangkap kamera. Saat itu dia sebenarnya sedang memotret bangunan apartemen di Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dari dalam mobil.

Ketika hasilnya diamati dengan teliti, ternyata ada benda asing yang melayang di atas apartemen itu. Ketika gambar benda asing itu diperbesar, benda itu lebih tampak seperti piring terbang.

Berikut gambar yang dikirimkan ke wartakota.



Yang anehnya, sang pengirim foto ini tidak mau dipublikasikan. Kalau foto ini benar-benar asli seharusnya dia mau untuk dipublikasikan dan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai foto yang diambilnya ini. Namun foto ini patut untuk diteliti lebih lanjut, karena jika bukan rekayasa, foto ini adalah salah satu foto penampakan UFO terjelas yang pernah diambil.

Berikut keterangan resmi dari pihak terkait

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Adi Sadewo Salatun mengatakan baru tahu mengenai rumor penampakan UFO di Jakarta itu dari media massa. Namun, Salatun juga mengatakan bahwa penampakan benda-benda asing luar angkasa memang sulit untuk diidentifikasi. ”Penampakan benda-benda seperti itu memang sulit dikenali. Hal itu bergantung situasi yang memungkinkan, dia dapat terdeteksi atau tidak, misalnya tertangkap secara tak sengaja dalam bentuk visual seperti yang sering terjadi selama ini,” katanya.

Selain itu, Muhammad Irvan, aktivis Ufonesia (komunitas pengamat UFO), mengaku belum melihat foto tersebut. Menurut dia, selama 2009, laporan tentang beta-UFO lebih sedikit dibanding tahun 2008. ”Laporan terakhir datang dari Bandung, tepatnya di Dago. Tapi itu belum bisa kami duga sebagai UFO, kami masih ragu,” ujarnya dalam perbincangan dengan Warta Kota, semalam. Irvan mengatakan, untuk menentukan sebuah benda asing di angkasa sebagai UFO, perlu dilakukan pengamatan lebih jauh. Pasalnya, bisa saja benda tersebut adalah pesawat atau bias cahaya matahari.

”Pertama harus dilihat foto atau videonya. Yang paling dasar adalah pengamatan dengan mata orang awam dan dari pemikiran awam, apakah itu benar-benar obyek (UFO) atau debu di lensa kamera,” paparnya. Jika benda aneh itu patut diduga UFO, temuan tersebut akan dibahas oleh sesama peneliti ufologi. Irvan juga mengatakan, jika saksi mata pada kasus UFO Blok M lebih dari satu orang, maka investigasi lebih lanjut bisa dilakukan.

Nur Agustinus, aktivis Komunitas Beta-UFO, beberapa waktu lalu menyatakan bahwa penampakan UFO kerap terjadi di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung, dan Cirebon. Oleh karena itu, Komunitas Beta-UFO menyebut ketiga daerah itu dengan istilah Segitiga UFO di Indonesia.

Soo, apakah foto diatas benar-benar merupakan sebuah UFO?? ataukah hanya rekayasa?? Bagaimana menurut anda?

******
******
Update!!
Belakangan diketahui bahwa ternyata foto UFO tersebut palsu (hoax). Adalah Ufonesia (organisasi peneliti UFO di Indonesia) yang mengkonfirmasi hal tersebut. Sebenarnya UFO pada foto tersebut adalah foto UFO yang terpotret di Green Bay, Wisconsin, pada Januari 2007.

Kelihatannya foto UFO tersebut telah dicrop dan digabung dengan foto gedung. Lihatlah persamaannya.

Ini foto UFO yang di Blok M



Ini foto UFO di Winconsin


Terlihat sekali persamaan dari kedua foto tersebut.

Sebenarnya pada awal melihat foto tersebut, saya memang menduga bahwa foto itu palsu. Salah satu alasannya adalah pengirim foto yang tidak mau menyebut identitasnya. Jika ada satu foto misteri yang dikirim oleh anonymous, maka kemungkinan besar foto tersebut adalah palsu (karena takut ketahuan palsunya).

Sangat disayangkan ternyata foto tersebut hanyalah sebuah hoax



Silahkan komen...

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

Tags:

5 comments:

Show All Comment


Blueprint Drafter mengatakan...

Maaf hanya meluruskan, yang menkonfirmasi itu hoax bukan ufonesia, melainkan komunitas BETA-UFO Indonesia, ufonesia hanya menyampaikan apa yang dirilis oleh BETA-UFO Indonesia

ote tatsuya mengatakan...

wah..kirain beneran,,,
kalo bener kan bisa masuk guiness book of record..

AING mengatakan...

MERDEKA>>!!!

Anonim mengatakan...

aku tinggal di jogja. tanggal 22-10-09 aku juga melihat penampakan kayak 'ufo', bentuknya hampir mirip dengan gambar di atas tetapi tidak memiliki lampu-lampu yang ditengah, hanya ada empat buah lampu di pinggir pinggirnya. bentuknya lebih besar dan suaranya kayak mesin pesawat padahal waktu itu tidak ada pesawat, yang ada cuma benda terbang itu. aku sempat melihat beberapa detik sampai benda itu menghilang di balik awan embun dan suara kayak pesawatnya juga menghilang. apakah aku salah lihat ya?????(kalaupun itu pesawat harusnya tidak mungkin melewati tempat tersebut karena bukan jalurnya)

Anonim mengatakan...

diliat sepintas aja udah ketauan hoax kalo ampe ada 2 foto! coba bandinggkan... kemiringan sama posisi lampu ufonya sama banget! bagaimanapun kalo tidak senaja kefoto itu sudut fotonya ga mungkin sama persis... kaya yang di copy dari foto ini terus di paste deh...

Poskan Komentar

www.butkaj.com