"Pink Iguana" Keajaiban dari Galapagos

Kepulauan Galapagos memang salah satu kepulauan yang mempunyai aneka satwa yang unik dan aneh. Oleh karena itu Galapagos dikenal memiliki berbagai macam satwa yang tidak terdapat didaerah lain.


"Iguana Pink" adalah salah satu keajaiban yang hanya dimiliki Galapagos.







Inilah gambar dari dekat seekor iguana pink yang berasal dan hanya berada di kepulauan Galapagos. Tidak seperti kebanyakan iguana lain yang memiliki warna hijau dan coklat, iguana yang satu ini memiliki warna pink ditubuhnya. Anehnya lagi, hewan ini baru saja ditemukan pada awal tahun 2009, padahal sudah seringkali para peneliti melakukan riset di kepulauan galapagos, namun hewan ini baru ditemukan awal tahun ini.

Bahkan seperti yang kita ketahui, Charles Darwin sang pencetus teori evolusi, menyimpulkan teorinya setelah melakukan riset di kepulauan Galapagos. Namun iguana ini tidak pernah ditemukannya. Mungkin iguana ini merupakan missing link yang hidupnya terpisah dari hewan lainnya selama ribuan tahun.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), menyebutkan Iguana Pink ini (diberi nama Rosada) telah hidup “terpisah” dari fauna darat lain sekitar 5,7 juta tahun lalu. Dan sekarang hewan ini diperkirakan hanya tersisa sekitar kurang dari 100 ekor diseluruh dunia, dan hanya terdapat di Galapagos.

Berikut letak kepulauan Galapagos



Binatang ini pertama kali terlihat oleh penjaga hutan pada tahun 1986 di lereng gunung vulkani Wolf di Pulau Isabela. Namun baru tahun 2000, ada penelitian mendalam tentang Rosada.

Peneliti menyimpulkan Rosada berbeda dengan jenis iguana yang umum ditemukan di Galapagos yakni jenis Conolophus subcristatus. Dari bentuk fisik Rosada mempunyai bentuk kepala yang berbeda. Dan dari uji DNA juga menunjukkan adanya perbedaan.

Gabriele Gentile, peneliti dari University of Rome Tor Vergata, mengatakan dari uji DNA, muncul hipotesis karakter Rosada telah “menyimpang” sejak 5,7 juta tahun lalu. Jadi sebenarnya corak warna pink yang terdapat ditubuh Rosada ini terjadi karena ada penyimpangan genetika. Mungkin ini disebabkan karena mereka hidup terpisah dari binatang darat yang lainnya.

Memang dunia penuh dengan keajaiban dan misteri. Masih banyak hal-hal diluar sana yang belum diketahui dan dijamah manusia. Mungkin nantinya akan ditemukan lagi spesies-spesies hewan aneh yang tidak pernah kita lihat sebelumnya.




Source:
bbc.news



Silahkan Komen...

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

Tags:

1 comments:

Show All Comment


Adnan Syafi'i mengatakan...

hm... menarik postingnya..

Poskan Komentar

www.butkaj.com