Ice Circle - lingkaran es yang misterius

Seperti halnya crop circle, ice circle merupakan fenomena aneh yang menyebabkan terbentuknya pola lingkaran aneh di permukaan air.

Ice circle bisa terjadi dimana saja, jadi jika anda melihat pola lingkaran dipermukaan sungai atau danau, mungkin saja itu adalah ice circle yang baru terbentuk.

Ice Circle atau lingkaran es adalah sebuah fenomena yang muncul pada air yang memiliki arus lambat di iklim dingin. Bentuknya menyerupai piringan raksasa yang terdiri dari es dan berotasi secara lambat di permukaan air. Misteri ini sesungguhnya sudah pernah disinggung pada abad ke-19. Sebuah gambar ilustrasi dari Ice Circle pernah dipublikasikan di majalah Scientific American pada tahun 1895. London News juga pernah melaporkan fenomena ini yang terjadi di Toronto tahun 1930.

Ice Circle umumnya muncul pada kelokan sungai dimana arus air yang berakselerasi menciptakan sebuah kekuatan yang disebut "rotational shear", yang kemudian mematahkan bongkahan es dan memutarnya. Sejalan dengan perputaran piringan itu, ia menggiling es di sekelilingnya sehingga menjadi halus dan membentuk lingkaran sempurna. Fenomena ini walaupun sudah teridentifikasi penyebabnya, namun tetap merupakan kejadian yang langka.

Fenomena unik ini sering terlihat didaerah uk. Roy Jefferies, ketika sedang membawa anjingnya jalan di pinggiran sungai dia melihat terbentuknya pola lingkaran unik ini. Menurut dia diameter ice circle ini sekitar 10 kaki.



Beberapa foto ice circle yang berhasil diambil

Ice Circles, Russia





Di Swedia



Waldo, Amerika Serikat



Amasa, Michigan



Coneccticut, Amerika Serikat



Berikut video yang berhasil merekam ice circle

video


Source:
environmentalgraffiti

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

Tags:

2 comments:

Show All Comment


Best SEO mengatakan...

saya sangat menyukai kisah unik dan menarik seperti artikel di atas. top banget!

alam memang menyimpan berjuta misteri ya.

Anonim mengatakan...

believe it or not

Poskan Komentar

www.butkaj.com