Tips Mengatasi Stress

Belakangan ini kita selalu dituntut untuk menjalani rutinitas yang padat, baik itu pekerjaan, belajar (kuliah), keluarga, pergaulan, komunitas, dll. Tidak jarang juga kita merasa stress berat. Oleh karena itu saya ingin berbagi beberapa tips mudah untuk mengurangi rasa stress tersebut.

1.Olahraga

Selain bisa membuat sehat, olahraga juga dapat memperbaiki aliran darah ke otak, menambah gelombang alfa ke otak yang berfungsi membuat perasaan tenang/relaksasi, mengurangi tekanan darah, mengurangi ketegangan otot, dan bisa membentuk tubuh atletis.

2. Makanan Sehat
Yang satu ini udah jelas, karena apapun yang kita lakukan kita tetap harus memberi tubuh kita dengan asupan vitamin dan gizi yang seimbang. Jangan banyak memakan makanan yang mengandung kolesterol dan lemak, karena bisa menimbulkan perasaan panas (tidak nyaman) di perut.

3. Menulis
Curahkanlah segala hal yang membuatmu stress kedalam media tulisan. Metode ini sudah terbukti dapat meredakan tingkat stress. Daripada dilampiaskan ke orang lain lebih baik dilampiaskan ke bentuk tulisan.

4. Tertawa
Tips satu ini benar-benar manjur. Selain bisa untuk mengurangi stress juga bisa untuk mencairkan suasana. Lagipula orang yang lebih banyak tertawa umurnya lebih panjang daripada orang pendiam. Menurut penelitian, tertawa dapat menghasilkan suatu enzim diotak yang berfungsi untuk merelaksasi, sehingga orang tersebut bisa lebih optimis dan positif dalam menjalani kehidupannya.

5. Ngobrol
Ngobrol dengan orang lain atau pasangan dapat menghilangkan perasaan stress, karena kita akan merasa ada orang lain yang perhatian dengan kita dan bisa menjadi tempat curahan permasalahan kita.

6. Istirahat
Jelas stress dapat menambah beban jiwa dan raga. Oleh karena itu orang yang sedang stress dianjurkan untuk istirahat. Istirahat yang dimaksud disini adalah relaksasi jiwa dan raga, keluar dari rutinitas sehari-hari dan mencari relaksasi melalui hobi, seperti rekreasi, nonton, mendengar musik, olahraga, dll.

7. Meditasi
Maksud dan tujuan dari meditasi sama dengan Istirahat, yaitu relaksasi badaniah dan rohani.

8. Hindari Keramaian
Dengan menghindari keramaian dan kebisingan berarti kita mengurangi beban jiwa kita dan lebih mudah untuk mencapai relaksasi dibanding dengan berada di tempat yang ramai.

9. Berhubungan ***
Menurut penelitian, berhubungan intim dapat membuat manusia mencapai tingkat relaksasi yang teradalam, karena dalam berhubungan manusia akan menciptakan hormon relaksasi di otak (sama seperti pada saat tertawa) hanya jumlahnya jauh lebih banyak. So, bagi yang stress tau dong harus kemana... ^^

10. Hipnotis
Cara yang satu ini tidak terlalu dianjurkan, tetapi hasilnya sudah terbukti. Hipnotis dapat membuat kita mencapai tingkat relaksasi yang terdalam sama halnya dengan berhubungan ***. Hipnotis dapat membuat kita melupakan beban dipikiran dan hati, bahkan hipnotis cukup mudah dilakukan. Kita sendiri juga bisa menghipnotis diri sendiri untuk hal-hal positif seperti memotivasi, dll.

Itulah tips-tips yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda!!

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

Tags: ,

0 comments:

Show All Comment


Poskan Komentar

www.butkaj.com